Jumat, 26 Agustus 2016

Menjadi Penulis



Menjadi Penulis
Menjadi penulis adalah sebuah tantangan, kemudian menjadi kebutuhan bahkan sebuah keharusan, sebenarnya kita mempalajari menulis sejak di sekolah dasar, kita berilmu karena membaca dan menulis. Ilm pengetahuan dimulai dengan baca dan menulis. Kita mengenal orang-orang besar karena karyanya tertulis dalam sejarah, bahkan spirit menulis termaktub dalam firman Allah surah Al-Alaq ayat  1-5 yang artinya :
Bacalah dengan menyebut nama Tuhanmu Yang menciptakan (1), Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah (2), Bacalah dan Tuhanmu yang Maha Pemurah (3) Yang mengajar manusia dengan perantara kalam (4) Dia mengajar manusia apa yang tidak diketahuinya (5).
Makna dari Ayat tersebut adalah Allah telah mengajar manusia dengan perantara menulis dan membaca. Karena membaca dan menulislah apa yang kita tidak tahu menjadi  tahu. Mengapa membaca dan menuslis saling terkait, Karena kita tidak bisa membaca jika tidak ada tulisan, dan tidak bisa menulis karena tidak membaca.
Sejak meninggalnya Rasulullah, para sahabat mempunyai gagasan untuk mebukukan Al-Qur’an, karena banyak para penghapal Al-Quran yang meninggal, mereka khawatir dengan umat setelah Nabi dan para sahabat. Mereka meulis mulai di bermacam tempat, seperti di daun, di batu dan sebagainya, sehingga sampai sekarang kita tahu dan meyakini  Al-Quran. Padahal kita adalah umat yang sangat jauh dari zaman nabi.
Kita mengenal sejarah bangsa dan perjuangan para pahlawan juga dengan tulisan, bagaimana proses Negara ini merdeka sehingga kita bisa menikmati hasilnya sekarang. Jadi menulis penting banget kan ..?
Karena menulis dapat membangun peradaban manusia dan ilmu pengetahuan, dan akan abadi. Dengan menulis kita dapat mempengaruhi pola pikir seseorang. Jika sebuah ide tau gagasan besar  dituangkan oleh penulis yang baik, saya percaya dapat membangun generasi yang baik, banyak orang berubah dan mendapatkan hidayah juga lewat tulisan.
So masih mau alasan untuk menjadi seorang penulis .. ?.
Tidak ada alasan bagi kita untuk tidak menulis.bahkan era digital ini sangat mendukung  dengan segala macam kemudahan fasilitas dapat kita manfaatkan. Saat ini medsos menjadi mainstream masyarakat, siapa sih yang tidak mengenal Facebook, WA, BBM, IG dan lainnya, rasanya jarang sekali. Jika kemajuan teknologi tidak dibarengi dengan mental dan ilmu dampaknya akan negative\


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PULANG

Saat itu tengah malam dan semua orang telah membaringkan badannya dengan mata terpejam begitu pulas beralaskan tikar, sedangkan di ranja...