Jumat, 26 Juni 2020

Roller Coaster Emosi


Dalam perjalanan hidup kita pasti mengalami pasang surut, dan keadaan yang sering kali berubah-berubah, terkadang kita dihadapkan dengan berbagai masalah, ataupun keadaan yang membahagiakan, namun terhadap situasi itu setiap orang pasti mempunyai persepsi terhadap situasi tersebut, yang dapat menimbulkan reaksi bisa positif maupun negatif, persepsi terhadap reaksi tersebut sebagai dasar emosi yang dikeluarkan, ada marah, bahagia, takut dan sedih. Perasaan lebih erat dengan pribadi seseorang dan berkaitan dengan gejala kejiwaan lainnya. Sehingga perasaan satu orang dengan orang lain tidak sama.
Emosi dan motivasi berjalan beriiringan atau bersamaan, emosi merupakan energi bagi dorongan perilaku yang muncul bersama, seperti merasa Sedih, kesedihan merupakan emosi tetapi juga sebagai motif pendorong perilaku. Orang yang merasa sedih akan terdorong menunjukan perilaku akan cenderung lebih diam, murung, mengurung diri di kamar dan sebagainya.
Emosi berperan juga sebagai proses pembelajaran yang bisa jadi negatif atau positif yang terus berkembang. Manajemen yang baik terhadap penerimaan stimulus, memungkinkan seseorang untuk mampu membatasi ekspresi emosi yang negatif atau merugikan. Pada manajemen emosi yangbaik akan membentuk tindakan yang baik pula dalam menyikapi permasalahan.
Ketika kamu tidak bisa mengatasi masalah emosimu, emosimu akan bertumpuk dan kemungkinan besar akan meledak pada saat yang paling tidak tepat. Dengan menarik nafas panjang membantu menenangkan dirimu. Ketahuilah satu-satunya orang yang paling mengenalmu adalah dirimu sendiri. Bagaimanapun perasaanmu kehidupan diluar jendela kamarmu terus berlanjut. Lalu bagaimana Strategi untuk Menghalau Stress diantaranya yaitu :
1.    Bernafaslah
2.    Latihlah Pikiranmu “Aku Cerdas” “Aku Cantik”, “Aku Bisa Menghadapi Masalah”
3.    Isilah kembali energimu
4.    Bugarkan kembali tubuhmu.
5.    Tidurlah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Roller Coaster Emosi

Dalam perjalanan hidup kita pasti mengalami pasang surut, dan keadaan yang sering kali berubah-berubah, terkadang kita dihadapkan dengan b...