Sabtu, 06 Juni 2020

Seni Memimpin Di Masa Krisis


Peran pemimpin saat masa krisis di tengah pandemi covid-19 sangatlah penting, Karena pemimpin itu layaknnya seorang kapten atau nahkoda, dimana nasib semua penumpang tergantung pada dirinya. Tiga hal yang harus dimiliki seorang pemimpin dalam masa krisis adalah :
  1.       Hadir.Seorang pemimpin harus hadir memberikan penguatan emosi kepada anggota atau anak buahnya, karena kebanyakan orang dalam masa krisis hanya fokus pada satu hal, yaitu fokus pada problemnya melainkan bukan pada peluangnya, sehinggga mereka merasakan putus asa (hopeless), merasa tidak ada yang bisa dilakukan sedikitpun dan merasa dirinya tidak beruntung, oleh karenanya akan mempengaruhi kinerja atau roda organisasi tidak berjalan dengan baik. Oleh karena itu hadirnya figur seorang pemimpin yang dapat memberikan contoh, juga spirit kepada anak buahnya dapat menjadi tumpuan dan harapan baru bagi anak buahnya yang mengakibatkan ;
  2.       Membantu. Seorang pemimpin sebaiknya tidak hanya memerintah tetapi juga dapat membantu, Apabila seorang pemimpin hanya bisa memerintah anak buahnya atau anggotanya, tetapi tidak mau mengerti dan tidak membantu justru akan menambah beban pekerjaan bagi pemimpin itu sendiri, karena roda organisasi tidak akan berjalan dengan baik, efektif dan efisien, misalnya pekerjaan akan lebih lama selesai atau bahkan tidak dikerjakan, komunikasi juga akan terhambat, pada akhirnya pemimpin jugalah yang harus menyelesaikan, hal ini bisa diantisipasi jika pemimpin turut andil (action) membantu dan menjadi teladan dengan begitu anak buah antau anggotanya akan termotivasi untuk bekerja.
  3. Membuat Keputusan. Keputusan atau kebijakan seorang pemimpin di masa krisis sangatlah ditunggu, karena kondisi mereka yang merasa putus asa (hopeless), merasa tidak ada yang bisa dilakukan dan merasa dirinya tidak beruntung, keputusan atau kebijakan pemimpin begitu berarti, bagi mereka tumpuan harapan mereka ada pada seorang pemimpin,

Pemimpin yang ideal adalah pemimpin yang memiliki prinsip :
  • 1.    Kemampuan Menguasai Diri Sendiri
  • Karena kita tidak bisa memimpin orang lain sebelum kita bisa memimpin diri sendiri, karena untuk sungguh-sungguh memimpin harus dimulai dari diri sendiri.
  • 2.      Kekuatan Fokus dan Gigih
  • Dengan kekuatan fokus dan gigih kita akan dapat mencapai tujuan dan cita-cita, oleh karenanya seorang pemimpin harus fokus apa yang menjadi tujuan dan cita-cita sebuah organisasi, serta mempunyai gigih dalam bekerja demi mencapai tujuan dan cita-cita organisasi.
  • 3.      Kekuatan Bersama Orang Lain
  • Seorang pemimpin harus dapat menciptakan tim, membuat setiap orang disekelilingnya merasa memiliki dan bertanggung jawab terhadap pekerjaannya.
  • 4.      Kekuatan Komunikasi
  • Pemimpin harus mempunyai kemampuan komunikasi secara persuasif. Juga pemimpin harus tahu apa yang akan diucapkan dan dapat menyampaikan secara fasih kepada orang-orang dibawahnya sehingga mereka terdorong atau termotivasi untuk bekerja dan meraih tujuan dan cita-cita.
  • 5.      Kekuatan Pelaksanaan
  • Seorang pemimpin harus dapat melaksanakan, karena hanya memiliki ide atau gagasan bagus tidak cukup seorang pemimping harus mampu menerapkannya sehingga mampu menyampaikan visi-misinya untuk menginspirasi orang-orang dibawahnya.
  • 6.      Kekuatan Memberi
  • Seorang pemimpin dapat berkontribusi, terhadap rekan kerja atau orang dibawahnya sehingga memperoleh pengakuan atas jasa yang diberikan sebagai seorang pemimpin,


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Roller Coaster Emosi

Dalam perjalanan hidup kita pasti mengalami pasang surut, dan keadaan yang sering kali berubah-berubah, terkadang kita dihadapkan dengan b...