Rabu, 24 Juni 2020

PERCAYA DIRI


Kata “Percaya Diri” terlihat sepele namun cukup sulit untuk dilaksanakan, jika kamu percaya di dalam hatimu bahwa kamu keren, orang lain pasti juga mempercayainya, sungguh musuh yang terberat adalah diri sendiri, memberitahu dirimu sendiri bahwa kamu tidak baik didalam suatu hal, akan membuat dirimu semakin terpuruk, jangan kecilkan hatimu sendiri dengan membandingkan diri dengan orang lain, karena percaya diri itu tidak butuh pengesahan dari orang lain.
Jadi percayalah pada kemampuan dirimu sendiri, ungkapkan saja apa yang kamu ketahui, lakukan apa yang kamu ingini, karena dengan percaya diri dapat memancarkan kekuatan bahwa kamu mampu melakukan sesuatu, percaya dirilah tanpa harus ada penilaian dari orang lain, karena orang lain hanya dapat menilai kita dipermukan saja, orang lain hanya bisa mengomentari apa yang kita tampilkan, jika kita menampilkan yang terbaik dan penuh percaya diri maka orang lain pun percaya bahwa kita mampu.
Itulah urgensi dari percaya diri. So bagaiama caranya agar kita percaya diri. Orang yang memiliki rasa percaya diri yang tinggi, biasanya memiliki penilaian yang positif terhadap dirinya.
Kepercayaan diri berkaitan erat dengan (self-concept), bagaimana seseorang menyimpulkan dirinya, melihat potret dirinya, secara keseluruhan, juga meyakini adanya sesuatu yang bernilai, bermartabat atau berharga di dalam dirinya. Jadi kepercayaan diri adalah kombinasi dari rasa keyakinan akan kemampuan dirinya dan memiliki rasa penghargaan diri akan kepantasan untuk berhasil atau bisa menjalankan tugas atau menangani persoalan dengan hasil yang bagus.
Membangun kepercayaan diri memang gampang-gampang susah, ada beberapa hal-hal sederhana yang bisa kita lakukan untuk membangun kepercayaan diri, diantaranya adalah ;
1.     Bersyukur.
2.     Buat daftar kekuatan dan kelemahan anda.
3.     Berpikir positif.
4.     Pola hidup sehat dan olahraga.
5.     Berhenti membandingkan diri .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Roller Coaster Emosi

Dalam perjalanan hidup kita pasti mengalami pasang surut, dan keadaan yang sering kali berubah-berubah, terkadang kita dihadapkan dengan b...