Minggu, 10 Agustus 2014

Hidup Manusiawi dan Keadilan

Tanggal 22 desember adalah hari untuk perempuan-permepuan yang merdeka dan maju, aku peringati dengan aksi turun ke jalan bersama masa perempuan yang bangkit dan maju. penyadaran masa dan konsolidasi pengetahuan bagian dari harapan kerja kami. berorasi turun ke jalan, adalah hal yang biasa namun itu bukanlah satu-satunya tujuan kami, hidup manusiawi dan setara penuh keadilan adalah menjadi ujungtombak kami, kami sadar bahwa kami adalah perempuan, kami sadar bahwa kami hidup dan bagian dari budaya patriakal.
Kami memaknai hari ibu adalah sebagai hari bangkitnya kaum perempuan. karena pada hari itu adalah hari dimana diadakannya kongres perempuan pertama kali, maka sesunggunhya saat itulah kemajuan, kesadaran dan perjuangan kaum perempuan ada. persoalan sosial, ekonomi, hukum dan politik adalah persoalan manusiawi, oleh karena itu tidak ada pemisahan perempuan dan laki-laki, melainkan menjadi perjuangan bersama. 
Terbukanya ruang publik bagi perempuan, tanpa dibarengi dengan pendidikan, peningkatan kualitas juga kesadaran yang sensitif gender, it's nonsense. karena faktanya hingga saat ini tubuh perempuan semakin tereksploitasi, upah yang murah, korban kekerasan, traficking, dan Indnesia termasuk negara pemasok buruh migran terbesar dan murah, 80% nya adalah perempuan. kami hanya bermaksud menuntuk hak kami sebagai manusia layak mendapat perlakuan yang manusiawi. bukanlahlah laki-laki yang menjadi lawan kami, tapi kapitalisme, imprealisme, feodalisme dan patriarki yang kami tentang.
Sama sekali aku tidak menyatakan perang gender, juga tidak ingin menggempur kelaki-lakian mereka. aku mengakui, bahwa perempuan dan laki-laki memang mempunyai perbedaan yang signifikan, yaitu perbedaan kodrati yang tak dapat digantikan, tetapi mereka mempunyai kesetaraan dalam wilayah sosial.
Aahh... pelajaran dan pengalaman yang tak ternilai, turun kejalan, mewakili suara rakyat, suara, perempuan, suara kebenaran juga suara Tuhan.
Aku berkesimpulan, bahwa yang dibutuhkan bukan hanya kuantitas tetapi juga kualitas perempuan yang yang dapat menjamin taraf hidup mereka semakin maju dan meningkat. kami perempuan, kami hanya ingin hidup manusiawi dan keadilan...
selamat hari Ibu... :D !!!

cirebon 22 Desember 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PULANG

Saat itu tengah malam dan semua orang telah membaringkan badannya dengan mata terpejam begitu pulas beralaskan tikar, sedangkan di ranja...